SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. Astra International Tbk (“Perseroan”)
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA
PT. Astra International Tbk (“Perseroan”)
I.PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
PT Astra International Tbk
(“Perseroan”) didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International
Incorporated. Pada tahun 1990, Perseroan mengubah namanya menjadi PT
Astra International Tbk.Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta
sejak tanggal 4 April1990.Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh
Jardine Cycle & Carriage's sebesar 50,1%.
Perseroan berdomisili di Jakarta,
Indonesia, dengan kantor pusat di JI. Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II,
Jakarta. Ruang lingkup kegiatan Perseroan seperti yang tertuang dalam Anggaran
Dasarnya adalah perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan,
pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi.Ruang lingkup kegiatan
utama entitas anak meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor
berikut suku cadangnya, penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan dan
jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan
teknologi informasi.PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah salah satu perusahaan
terbesar distributor kendaraan produk Toyota.Saat ini, PT. TAM mempunyai cabang
yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan pusatnya berada di Jakarta.PT
TAM sendiri mempunyai divisi - divisi yang menangani penjualan produk ke pelanggan.Salah
satunya yaitu divisi Duty Free Sales, yaitu divisi yang menangani penjualan
produk Toyota yang dikhususkan untuk organisasi nonpemerintah/internasional
maupun kedutaan asing di Indonesia.
Divisi Duty Free Sales saat ini
mengolah data pelanggan dengan menggunakan aplikasispreadsheet, dimana aplikasi
ini kurang efektif dalam perhitungan dan pencarian data yang kemungkinan akan
bertambah dan akan selalu di-update. Selain itu, data yang ada pada
spreadsheet tidak bisa diakses dan digunakan secara bersamaan, mengingat
jumlah karyawan yang banyak dan keperluan akses data yang berbeda-beda. Serta
laporan yang tidak dapat disediakan setiap saat, karena pencarian data dan
pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, PT TAM
divisi Duty Free Sales membutuhkan sistem informasi yang membantu perusahaan
melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan proses pengolahan informasi,
pencarian, dan pelaporan menjadi lebih baik sehingga operasionalnya menjadi
lebih efektif dan efisien.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1. Mengetahui
sistem informasi yang digunakan oleh PT Toyota Astra Motor
2. Mengetahui
keberhasilan dengan sistem informasi yang digunakan oleh PT Toyota Astra Motor
II.PEMBAHASAN
Sistem adalah jaringan kerja dari
prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama -sama untuk
melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.Sistem juga
merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama
untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada sistem tersebut dan
mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang
diinginkan.
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mendukung
kegiatan operasi pengolahan kebutuhan transaksi harian yang bersifat manajerial
dan strategis dari suatu organisasi dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Pengolahan data pelanggan PT
TAM masih menggunakan pencatatan secara spreadsheet. Data yang begitu
banyak meembutuhkan waktu untuk penyususan laporan dan juga pencetakan
dokumen.Oleh karena itu, dibangun sistem yang memudahkan perusahaan untuk
pengolah data dan juga pelaporan.Dalam aplikasi di PT TAM ini terdapat tiga
aktor, yaitu Admin Gudang, Admin Toyota dan Manajer.Adapun tugas dari admin
gudang yaitu memiliki hak akses untuk mengelola data mobil dan mengelola data
user.Admin Toyota memiliki hak akses untuk mengelola data kedutaan dan data
pelanggan.Sedangkan untuk manajer memiliki hak akses untuk mengubah status
dokumen dan melihat laporan penjualan.Adapun divisi usaha dan anak perusahaan
terdiri dari :
a. Otomotif
PT Toyota Astra Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang MerkToyota dan Lexus di
Indonesia
Auto 2000 sebagai salah satu Dealer Utama Toyota di Indonesia
PT Astra Daihatsu Motor sebagai ATPM Daihatsu di Indonesia
PT Pantja Motor sebagai ATPM Isuzu di Indonesia
PT Astra Nissan Diesel Indonesia sebagai ATPM Truk Nissan Diesel di
Indonesia
PT Tjahja Sakti Motor sebagai ATPM BMW dan Peugeot di Indonesia
PT Serasi Autoraya atau biasa dikenal dengan TRAC
Mobil 88
PT Astra Honda Motor sebagai ATPM motor bermerk Honda
PT Astra Otoparts Tbk
b.
Agro industri
PT Astra Agro Lestari
Tbk
c.
Pelayanan Finansial
PT Astra Credit Company
atau biasa dikenal dengan ACC
PT Toyota Astra
Financial Services
PT Asuransi Astra Buana
dengan salah satu produk terkenalnya adalah Garda Oto
PT Federal International
Finance
PT Surya Artha Nusantara
Finance
PT PermataBank
d.
Alat-alat Berat
PT United Tractors Tbk
(juga sebagai ATPM Scania di indonesia)
PT Traktor Nusantara
PT Pamapersada Nusantara
PT Kalimantan Prima
Persada
e.
Teknologi Informasi
PT Astragraphia Tbk
PT Astra Graphia
Information Technologies - AGIT
f.
Infrastruktur
PT Astratel Nusantara
PT Intertel Nusaperdana
A. Analisis dan Perancangan
Analisis
kebutuhan fungsional sistem pada kebutuhan fungsional ini, terdapat beberapa
fungsi yang harus dibuat, diantaranya:
a.
Melakukan login dan logout untuk admin
b.
Melakukan pendataan mobil yaitu meliputi fungisi : add, update,
delete, searching, dan detail.
c.
Melakukan Pendataan embassy
d.
Melakukan Pendataan pelanggan
e.
Menampilkan report penjualan dan grafik
f. Melakukan view dan update data admin
B. Gambaran
umum sistem
Pengolahan data,informasipelanggan
PT.TAM masih menggunakan pencatatan secara spreadsheet. Data yang
begitu banyak membutuhkan waktu untuk penyususan laporan dan juga
pencetakan dokumen.Oleh karena itu, dibangun sistem yang memudahkan perusahaan
untuk menginformasikan data dan juga pelaporan.MDP Online adalah aplikasi web
yang dirancang untuk dapat memberikan layanandata MDP (Monthly Delivery Plan)
secara online kepada user yang berada di TAM, Main Dealer,
Zone serta Dealer Cabang.Data MDP berisi data rencana produksi kendaraan
beserta nilai aktualnya untuk setiap periode produksi tertentu. Data-data
tersebut sangat dibutuhkan oleh TAM, Main Dealer, Zone maupun dealer
Cabang. Dengan diimplementasikan sistem MDP Online ini, banyak manfaat
yang diperoleh PT TAM dalam pendistribusian MDP diantaranya penghematan
kertas-kertas untuk pendistribusian secara hardcopy dan laporan-laporan
yang dibutuhkan, penghematan tinta printer berkaitan
denganpendistribusian data MDP dan laporanlaporan yang diperlukan, peningkatan
janji delivery kepada customer karena pihak 60 dealer dapat memberikan
data yang tepat secara cepat, peningkatan akurasi data MDP yang berdampak pada
berkurangnya tingkat kesalahan dalam pembuatan data MDP, proses distribusi data
MDP menjadi lebih cepat dan akurat yang tadinya memerlukan waktu 3 hari untuk
distribusi data MDP sampai ke main dealer/dealer sekarang hanya butuh waktu 10
menit saja maka pihak main dealer/dealer sudah menerima data MDP, proses
MDP resived lebih cepat untuk proses pengiriman atau pembatalan
pengiriman dari main dealer/dealer yang diinformasikan kepada pelanggan
yang tadinyahanya dilakukan 2 kali dalam seminggu sekarang dapat dilakukan
setiap jam. Sistem informasi MDP Online yang diimplementasikan di PT.
Toyota Astra Motor bertujuan untuk menangani distribusi data MDP kepada
main dealer atau dealarmengenai data kendaraan yang diproduksi untuk
membantu main dealer atau dealer, memberikan janji delivery kepada
customer. Untuk dapat merencanakan aktivitas penjualan dengan baik sehingga
dapatmencapai target yang telah ditetapkan, PT. Toyota Astra Motor memberikan
informasi mengenai produk kendaraan yang didistribusikan setiap bulannya
melalui Monthly Delivery Plan (MDP).
C.
Aplikator
Didalam perusahaan ini terdapat tiga
peran aktor,yaitu:
a.
Admin gudang,yaitu orang yang bertugas dan memiliki
hak akses untuk mengelola data mobil dan mengelola data user
b.
Admin toyota,yaitu orang yang bertugas untuk mengelola
data kedutaan dan data pelanggan
c.
Manager, yaitu orang yang bertugas untuk mengubah
status dokumen dan melihat laporan penjualan.
D.
Penerapan sistem informasi
Secara garis besar,
penerapan sistem informasi yang terintegrasi dalam perusahaan dapat membantu
hampir seluruh proses bisnis yang dijalankan.Sistem informasi terintegrasi
dianggap dapat mendukung manajemenstrategis perusahaan mencapai target
meningkatkan profit. Beberapa alasan penerapan sistem informasi
perusahaan antara lain :
a.
Dapat mencakup seluruh fungsi bisnis
baik manufaktur, pemasaran, finansial, level manajemen, dan lainnya
b.
Sebagai sarana pengumpulan,
pengolahan, dan distribusi data antar komponen dalam organisasi perusahaan.
c.
Sebagai penyedia data atau informasi
baik yang dari internal maupun eksternal perusahaan untuk mendukung proses
“decision making” yang lebih cepat dan aktual pada berbagai level dalam
organisasi.
d.
Mempermudah komunikasi antar fungsi
sehingga lebih mudah berkoordinasi dalam pengambilan keputusan
e.
Memungkinkan efisiensi jumlah pegawai
karena beberapa pegawai dapat merangkap dengan jabatan administratifnya.
f.
Dimanfaatkan sebagai strategi
bersaing terhadap kompetitor dengan memaksimalkan penggunaan teknologi
informasi yang dimiliki disesuaikan dengan struktur organisasi dan standar
kerja. Teknologi sistem informasi tersebut dapat sekaligus dijadikan dasar
perbandingan komparatif dengan yang diterapkan kompetitor.
Di samping alasan
penerapan sistem informasi perusahaan tersebut terdapat beberapa kendala bagi
perusahaan ini untuk menerapkan sistem informasi dengan teknologi yang lebih canggih
antara lain:
a.
Diperlukan pegawai dengan batas
kualifikasi pendidikan atau pengalaman tertentu yang dianggap dapat
mengoperasikan teknologi sistem informasi yang diterapkan perusahaan beserta
komputasi pengolahan data
b.
Diperlukan pelatihan bagi pegawai
mengenai pengoperasian teknologi sistem informasi.
c.
Instalasi perangkat sistem informasi
dengan teknologi yang lebih canggih membutuhkan biaya yang lebih tinggi agar
dapat sesusai dengan sistem organisasi perusahaan.
d.
Terdapat kemungkinan perubahan
struktur organisasi dan standar kerja masing-masing unit untuk menyesuaikan
dengan sistem informasi yang baru.
e.
Manajemen perusahaan seharusnya dapat
memilih dan mengatur sistem informasi yang diterapkan disesuaikan dengan
kondisi dan kemampuan perusahaan saat diperlukan perubahan sistem informasi.
Selain itu juga perlu dikenali unit apa saja yang kinerjanya mungkin menurun
jika dipaksa dengan standar penerapan sistem informasi tersebut.
E.
Kelebihan dan kekurangan penerapan SI di
Perusahaan ini
Kelebihannya antara
lain:
a.
Mampu mengitegrasi berbagai fungsi
bisnis berbeda untuk menjamin sarana komunikasi yang tepat demi produktifitas
perusahaan.
b.
Perangkat lunak yang tersedia dapat
sangat membantu kegiatan di beberapa fungsi bisnis perusahaan.
c.
Mampu mengatur keterkaitan antar
proses yang bersesuaian sehingga mempermudah pelacakan material, keuangan, dan
sumber daya lain yang kompleks.
Sedangkan
kekurangan penerapan SI adalah
a.
Kustomisasi software yang disediakan
SAP terbatas sehingga pada perusahaan tertentu diperlukan penyesuaian modul SAP
dengan sistem yang dijalankan atau dikombinasikan dengan perubahan alur
kerjanya.
b.
Penerapan SAP memerlukan biaya yang
tinggi, baik pengadaan perangkat, instalasi program, biaya pegawai dengan
keahlian di bidang SAP, serta berbagai maintenance teknologi sistem ERP.
c.
Penggunaan data yang disimpan dalam
sistem ERP sensitif terhadap perusakan sistem yang mungkin dilakukan pihak
tertentu. Jika terjadi pembobolan sistem keamanan dan hacker merubah sistem
program ERP dengan tujuan tertentu maka dapat mengancam kelancaran kinerja pada
suatu fungsi dalam perusahaan.
KESIMPULAN
Adapun kesimpulan dari pembahasan
diatas adalah sebagai berikut:
1.
Aplikasi atau penerapan SI ini
membantu pihak PT.Toyota Astra Motor dalam mengelola dan mencari data
pelanggan maupun data mobil
2.
Aplikasi atau penerapan SI ini
membantu manajer untuk mengubah status pelanggan, sehingga proses informasi
untuk Open D/O lebih cepat
3.
Sistem informasi memudahkan
pihak manajer untuk mendapatkan informasi dan melihat laporan penjualan
DAFTAR PUSTAKA
Ariefiani R. 2010. Faktor
penentu kesuksesan dan kegagalan pengembangan
sistem informasi di suatu perusahaan.
Murdaningsih A. 2009. Analisis
Pengaruh Partisipasi pemakai terhadap
Kepuasan Pemakai Sistem Informasi dalam Pengembangan
Sistem Informasi dengan Dukungan Manajemen Puncak, Komunikasi
Pemakai-Pengembang, Kompleksitas Sistem, Kompleksitas Tugas, pengaruh Pemakai
sebagai Variabel Pemoderasi[skripsi]. Fakultas Ekonomi Jurusan
Akuntansi, Universitas Muhammadiyah. Surakarta.
Dear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id
Loan Opportunity Offered By Mr, Benjamin That Save My Family From Financial Bondage {lfdsloans@lemeridianfds.com}
BalasHapusHello Everyone, I am Putri Adiratnaa single mom from Jakarta, I would like to share this great testimony on how I got a loan from Mr, Benjamin, when we were driven out of our home when I couldn't pay my bills anymore, After being scammed by various companies online and denied a loan from my bank and some other credit union I visited. My children were taken by the foster care, I was all alone in the street. The day i shamefully walked into an old school mate who introduced me to Daisy Maureen. At first I told her that I am not ready to take any risk of requesting a loan online anymore, but she assured me that I will receive my loan from them. On a second thought, due to my homelessness I had to take a trial and applied for the loan, luckily for me I received a loan of $80,000.00 from Mr, Benjamin. I'm happy I took the risk and applied for the loan. My kids have been given back to me and now I own a home and a business of my own. All thanks and gratitude goes to Le_Meridian Funding Service and for the help of Mr, Benjamin for giving me a meaning to life when i had lost all hope. If you currently seeking for a loan assistance, you can contact them via: {lfdsloans@lemeridianfds.com} Or WhatsApp +1-989-394-3740